Blogger Bertuah

Friday, March 5, 2010

Kimia dapat mematikan


Ilmu kimia sudah lama sekali dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Pada zaman dahulu (dongeng sebelum belajar) ilmuwan Mesir yang bernama Archimedes menggunakan ilmu kimia untuk mengetahui campuran logam pada mahkota raja Hieron yang diduga telah dicampur dengan logam yang lainnya yaitu perak (Ag).

Selain itu ilmu kimia juga dapat dipakai dalam pembunuhan. Dulu sekitar abad XVIII Napoleon Bonaparte meninggal akibat keracunan gas As (Arsen). Begitu pula dengan kejadian yang menimpa seorang tokoh HAM d Indonesia, Munir juga dibunuh dengan menggunakan gas ini. Gas Arsen merupakan gas yang tidak menimbulkan bau, berbeda dengan gas beracun lain seperti gas Sulfur/belerang atau gas klorin. Dengan kimia kita juga dapat membuat sebuah benda yang berbahaya tapi diperlukan yaitu bom seperti TNT (trinitro toluene) dan Nitro Gliceryn.

Intinya ilmu kimia sangat bermanfaat dan sangat perlu diawasi penggunaannya.Nah, pada zaman sekarang ilmu kimia sudah amat sangat banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam pembuatan parfum, obat-obatan, makanan, minuman, es krim, bahan bakar, bahkan pembersih kutek (aseton) merupakan buah dari lahirnya ilmu kimia di permukaan bumi

No comments:

Post a Comment